Algoritma Penyeselasaian Game
Kasus
Petani Menyebrangkan Sayur kol, Domba, dan Serigala
Domain Masalah
Ada seorang petani yang memiliki sayur kol, seekor domba dan seekor serigala. Ia ingin menjualnya kepasar, untuk sampai dipasar ia harus menyebrangi sungai menggunakan perahu. Tetapi perahu itu hanya bisa memuat petani dan penumpangnya. Jika ditinggal oleh petani maka sayur kol akan dimakan domba dan domba akan dimakan serigala.
Ruang Lingkup
- Keadaan Awal
Petani, Sayur kol, Domba, dan Serigala ada di sebelah kanan/ daerah awal
- Keadaan Akhir
Petani, Sayur kol, Domba, dan Serigala ada disebelah Kiri/ daerah tujuan
- Aturan-aturan:
1. Perahu hanya memuat 2 penumpang
2. Tidak boleh meninggalkan sayur kol dan domba
3. Tidak boleh meninggalkan domba dan serigala
4. Semua objek harus menyebrang
Algoritma
1. Petani dan domba menyebrang
2. Setelah menyebrang, keluarkan domba lalu petani menyebrang lagi
3. Petani dan sayur kol menyebrang
4. Setelah menyebrang, keluarkan sayur kol dan masukan domba kembali. Lalu petani dan domba menyebrang
5. Keluarkan domba, masukan serigala, lalu petani dan serigala menyebrang lagi
6. Keluarkan serigala, lalu petani menyebrang
7. Masukkan domba, petani dan domba menyebrang lagi dan keluarkan.
Petani Menyebrangkan Sayur kol, Domba, dan Serigala
Domain Masalah
Ada seorang petani yang memiliki sayur kol, seekor domba dan seekor serigala. Ia ingin menjualnya kepasar, untuk sampai dipasar ia harus menyebrangi sungai menggunakan perahu. Tetapi perahu itu hanya bisa memuat petani dan penumpangnya. Jika ditinggal oleh petani maka sayur kol akan dimakan domba dan domba akan dimakan serigala.
Ruang Lingkup
- Keadaan Awal
Petani, Sayur kol, Domba, dan Serigala ada di sebelah kanan/ daerah awal
- Keadaan Akhir
Petani, Sayur kol, Domba, dan Serigala ada disebelah Kiri/ daerah tujuan
- Aturan-aturan:
1. Perahu hanya memuat 2 penumpang
2. Tidak boleh meninggalkan sayur kol dan domba
3. Tidak boleh meninggalkan domba dan serigala
4. Semua objek harus menyebrang
Algoritma
1. Petani dan domba menyebrang
2. Setelah menyebrang, keluarkan domba lalu petani menyebrang lagi
3. Petani dan sayur kol menyebrang
4. Setelah menyebrang, keluarkan sayur kol dan masukan domba kembali. Lalu petani dan domba menyebrang
5. Keluarkan domba, masukan serigala, lalu petani dan serigala menyebrang lagi
6. Keluarkan serigala, lalu petani menyebrang
7. Masukkan domba, petani dan domba menyebrang lagi dan keluarkan.
Komentar
Posting Komentar